Sabtu, 17 Maret 2012

Kumpulan pertanyaan masalah

Dari Cica Tata
Assalamualaikum....numpang tanya dr ketidaktauan/keragu-raguan ane dlm bnyak hal diagama.
1.Blh atau tdk,shalat tahajjud tnp tidur trlebih dahulu?
2.Apakah ada hukum memberi uang kpd pengamen waria?
3.Bolehkah shalat dalam keadaan memejamkan mata?
4.Blh kah berbohong,izin dr kerjaan dgn alasan trtentu untuk pergi kepengajian?
5.Apakah blh wudhu msh dgn menggunakan make up waterproof/tdk luntur(bedak,eye liner,maskara dll)?
Bgmn kl dlm keadaan krj yg memang (kita sbg SPG)diharuskan dandan(mnggunakan makeup)?Tp kl drmh kita pure natural alias polos tnp makeup
. Syukron katsiron atas jwban nya.
Jawaban :

1> sholat tahajjud dilakukan stelah kita tidur shabis sholat isya, walau hanya sesaat spti baru tidur 5 menit.
Jika anda tidak tidur alias begadang sholat saja jgn sampai hilang niat baik anda. sholat itu disebut Qiyamul lail.
Yg terpenting adalah jika telah sholat dimalam hari maka tutuplah dgn sholat witir.
Pengerjaannya adalah 2 x sholat yg pertama 2 roka'at yg kedua 1 roka'at kemudian salam.
Stelah itu baca doa Nabi Yunus As yg telah diajarkan Arrosul Saw untuk ummatnya.
Sebanyak 40 x.
Yg melazimkan akan dijauhkan dari kegalauan, kegundahan dan duka hati.

2> memberikan shodaqoh itu sama siapa saja walau kafir.
Selama anda tahu benar uang itu bukan tuk ma'siat.
Kalo hanya perasangka yah kasih saja.
Soal warianya itu urusan dia kpd penciptanya.
Akan tetapi shodaqoh pun ada keutamaannya.
Yg paling utama adalah kpd orang tua dan guru.
Tp ingat jgn katakan shodaqoh tp Hadiah.
Krn penghormatan kita kepada guru dan org tua.
3> ketika sedang sholat paling baik adalah membuka matanya dan memandang kpd tempat sujud, skalipun dihadapan kita ka'bah.
Agar konsentrasi tetap terjaga.
Akan tetapi jika dgn memenjamkan mata menjadi lebih khusu', maka tak mengapa.
Skarang yg jadi persoalan adalah sajadah dibuat motif atau corak aneka macam yg mengganggu konsentrasi.
Alangkah baiknya sajadah polos dgn warna hijau.
Seperti masjid2 dahulu. Kalau skarang karpetnya seperti sajadah , sehingga membuat renggang shof dan membuat tdk konsentrasi karena motif yg aneh2.
atau masjid skarang didinding2nya dibuat kaligrafi.
Afwan itu termasuk Bid'ah makruhah.
Yg tidak disukai.
4> Kadzab atau berbohong termasuk dosa besar.
Kecuali untuk menggembirakan org lain spti suami membelikan kain untuk istrinya yg harga murah krn gaji yg pas2an.
Istri dlm hati tahu ini harga murah dan kainnya tdk bagus, tp wajahnya menunjukkan sikap senang dan mulut nya berkata: wah abang memang hebat dan sayang sekali sama aqu.
Abang belikan aqu kain yg sangat super dan jarang yg punya.
Padahal hatinya tdk demikian.
Nah berbohong ini boleh. Krn jika jujur bisa perang dunia ke 7 hehe.

Menyelamatkan nyawa manusia.
Spti : ada seseorang yg mau dibunuh, kemudian kita berbohong kepada pelaku agar korban selamat dari pembunuhan.

Nah jika berbohong kpd atasan untuk menunaikan kewajiban agama spti sholat atau menuntut ilmu, tak mengapa dgn syarat jgn kemudian berbohong terus dgn dalih tadi tp kemudian bukannya mengaji malah yg lainnya.
Yg begini jadi 2 x dosa.
Memang demi kewajiban agama jgn terlalu loyal kpd bos, karena dia tak menyelamatkan kita dunia akhirat.
Tp kalo guru agama yg baik pasti menyelamatkan murid2nya yg patuh didunia dan akhirat.
Jgn taat kepada makhluk , jika menjadi ma'siat kpd Alloh Swt
5> wudhu tak sah jika kulit ada yg menghalanginya
spti cat kuku, rambut atau polesan bibir dan wajah yg tebal.
Intinya wanita itu ga usah make up , kecuali untuk suaminya.
Cukup make up wanita dgn wudhu jika keluar karena yg demikian akan menjaganya dari tiap2 kejahatan.

Doa Nabi Yunus As dipengajian aja karena ditulis dgn bhs indonesia.
Takut yg membacanya salah.
Jika salah artinya akan lain dan jauh dr yg dimaksud.
Jika memang diharuskan bermake up maka ada triknya.
Ambil wudhu dahulu kemudian make up.
Atau jika memang sudah bermake up kemudian dtg waktu sholat.
Cuci dahulu wajah dan bersihkan kemudian wudhu trus sholat kan jika siang pas waktu makan siang waktunya agak luas.
Stlah itu make up lg. Ga apa deh make up cepet habis yg penting sholat jgn ditinggal.

Sebaiknya jika punya suami, wanita lebih baik dirumah karena bisa mengurus rumah tangga,anak jg menjauhkan fitnah.
Memang zaman skarang para wanita dipaksakan berbusana yg seksi oleh para bos yg anti islam atau islam sekuler. Disinilah ujian kaum wanita. Jika dia yakin rizki datangnya dari Alloh yg menciptakannya bukan dari bos yg bakal binasa.Pasti wanita itu tak akan menuruti perintah bosnya. Karena tdk boleh menta'ati makhluk jika menjadi ma'siat kpd kholik yaitu Alloh Swt.

Mudah2an mereka para wanita diberikan kemudahan untuk beribadah kpd Alloh.
Bagaimana cara menegur suami agar sllu ingat sm alloh dan menjlnkn shlt 5 wkt tnp hrs menyinggungnya prasaanya,?
Jawaban : 
lisaanul hal afsoh min lisaanil maqol.
Lisan keadaan lebih fasih dr lisan perkataan.
Kamu tunjukkan kpribadianmu sbg istri yg baik dan perlihatkan sholatmu dihadapannya.
Ibadah yg diperlihatkan tak menjadi ria jika niat ingin merubah seorg menjadi baik.
Dan memperbanyak doa yaa latiif khususnya setiap hbs sholat129 x.
Dan doa Hasbunallooh wa ni'mal wakiil 70 x setelah sholat subuh dan isya.
Kemudian dgn perlahan ajak bicara tentang keutamaan sholat dan ancaman yg meninggalkannya.
Jika sempat ikut ngaji dimajlis ana sm anti.
Atau jika jauh masuk grup ini.
Bagaimana agar Allah rizqikan untukku seseorang yg cinta Allah dan Rasulullah saw, dan juga seseorang yg dapat membimbing aku untuk lebih mencintai ibadah ku kepada Allaah
Jawaban : 
Awalilah dgn bakti dan ta'at kpd ortu dan khidmad kpd guru.
Nanti akan Alloh hadiahkan pasangan hidup yg sesuai dan anak2 yg bakti pula.
Alloh tidak sekali2 melanggar akan janjinya.
Hanya manusianya yg egois memaksakan kehendak atas nama cinta. Hingga dibutakan segala.
Kebaikan hanya dpt dilihat dgn kaca mata agama bhw itu baik.
Bukan dgn nafsu atau logika cinta.
Bukan jaminan bhw kecantikan atau kegantengan fisik serta harta melimpah menyenangkan jiwa.
Contoh byk terjadi yang hanya menjadi petaka rumah tangga.
Apa yg ana katakan telah ana jalani sebelumnya.
Tiada ada kata keluar dr mulut pendosa ini melainkan telah mengalami uji coba sebelumnya.
Insya Alloh any jgn khawatir jika mengikhlaskan diri dalam pengabdian kepada Alloh ta'ala.
Tiap kesulitan justru adalah jalan menuju kemudahan, jika disadari.
Ana sebelum ini adalah yg serba sulit dlm segala hal.
Tidak etika buat ana cerita.
Karena hanya Alloh lah tempat mengadu akan kegelisahan jiwa dan kesulitan hidup dikala manusia terlena dgn istirahatnya
.
Bagaimana memperingatkan Dia yang tau agama,baik sm smua org n gk prnh pelit, tp ksbukan mbwt nya lupa akn shalat? Dia prnh blg "liat tuh org yg rajin shalat aja ahlaknya kya gtu dan sya jga manusia biasa yg kdg pny khilaf tnp sngja brbwt slh".
 Jawaban :
itu perkataan yg sering ana dengar
dr orang2 yg ditipu oleh hawa nafsunya.
Sholat rajin tp korupsi doyan.
Rajin puasa tp bohongi orang jd lalapan.
Haji sering tapi masih meremehkan org.
Pakai jilbab tp masih egois dan menggibah orang.
Lebih baik hati dahulu yg dijilbabkan.
Dan sebagainya yg telah keluar dr mulut yg dibelenggu nafsu tanpa ada kemurnian jiwa dlm sisi ajaran agama.
Sang pencipta manusia telah menjanjikan bhw sholat itu akan membawa kepada dampak positif serta menjauhkan dr sifat keji dan mungkar.
Tp kenyataan dilapangan ternyata tdk demikian.
Byk yg ahli ibadah tp berkelakuan setan. Aneh bukan ?
Apakah janji Alloh salah..?
Tidak sama sekali dan tak akan pernah ada jika Alloh yang maha benar akan perkataannya menyalahi janji.
Manusianya yg salah.
Sholat hanya sekedar kebutuhan dan pelengkap sbg org islam , bukan karena pengabdian dan kebaktiannya kpd penciptanya.
Sehingga tuntunan, tata cara yg menjadikan sholat dan ibadah lain agar dpt diterima tdk dipelajarinya.
Lebih sibuk mencari ilmu dunia yg sebenarnya fana.
Apapun bentuk ibadah jika tanpa landasan ilmu, maka tertolak tidak diterima.
Lht status2 ana sblumnya masalah hal tsb.
Ketauhilah...
IBADAH SESEORANG DITERIMA ATAU TDKNYA, NYATA DLM KEHIDUPANNYA.

Intinya adalah:
kebanyakan dizaman ini hanya mau mendengar tausyiah dan dakwah tentang keutamaan ibadah tanpa mau mempelajari yg menjadikan sahnya ibadah.
Buat apa keutamaan jika tidak dpt diraih.
Tp kebenaran/sahnya ibadah justru itulah keutamaan.

Jg byknya mubaligh yg hanya pintar bicara tanpa landasan ilmu, modalnya menghapal beberapa ayat dan Hadist untuk hanya dianggap sbg tokoh dan pintar agama.
Mari belajar dimajelis ilmu yg menuntun kpd kebenaran dlm ibadah dan ketenang dlm hidup.
Ilmu Fiqih menuntun kpd kebenaran ibadah.
Ilmu akhlak<tasawwuf> menuntun kpd ketenangan hidup.
Mudah2an dpt dipahami.
Contoh lain:
jilbabkan hati dahulu dr pada berjilbab tp masih jahat.
Kata wanita yg masih enggan berjilbab.
Ketahuilah...
Jilbab itu perintah Alloh bukan perintah manusia.
Jika wanita enggan berjilbab berarti melawan perintahnya, berarti hatinya tdk bijak kpd Alloh krn tdk mau pembenaran dlm agama.
Org tsb hatinya tdk baik.
Jika hati tidak baik kok bisanya berbicara : hati dahulu yg dijilbabkan.

Tp sebaliknya.
Jika wanita berjilbab dgn pengikhlasan diri sbg hamba yg ingin mengikuti peraturan penciptanya.
Maka lambat laun akan terbentuk hati yg bijaksana.
Tp ingat berjilbab dgn tuntunan agama bukan dgn tuntunan artis.
Yg tetap terlihat bodynya dgn nyata.
Dan yg berjilbab sesuai aturan jgn sombong dan menyalahi org yg tdk berjilbab.
Kenapa..?

Orang yg dalam kesalahan butuh kebenaran.
Bukan disalahkan.
Yg sudah dalam pembenaran , di ikuti jalannya bukan cuma buat dipuja puji.

Khan kebanyakan org skrang pintar memuja muji , tapi tak pandai dalam menteladani.

Maka ramaikan majlis yg membenarkah ibadah kita.
Bukan basa basi yg memperdaya kita.

Baca berulang2 dgn hati yg ikhlas dan nurani yg jujur serta akal yg cerdas.
Akan anda semua dapati apa yg ana jelaskan.
Afwan
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Menarik :