Selasa, 31 Juli 2012

Sunnah-Sunnah Puasa

Ada Sunnah-sunnah puasa pada bulan Romadhon :

1. Mempercepat buka jika yaqin datangnya ghurub [ waktu maghrib ], jika syak maka wajib melambatkannya sampai yaqin datangnya ghurub.< lebih enak tunggu sampai adzan selesai berkumandang>. 
2 . Bersahur sekalipun hanya dengan air, masuk waktu sahur dari pertengahan malam.
3. Mengakhirkan sahur, dan sunnah imsak { menahan diri dari makan ] sebelum fajar [ waktu subuh ] sekitar baca 50 ayat atau sekitar 15 menit sebelum subuh..
4. Berbuka dengan Ruthob [ kurma yang baru masak ] yang jumlahnya Witir [ ganji ], jika tak ada maka dengan Tamer [kurma ], maka dengan air zam-zam,maka dengan sesuatu yang manis yang tak tersentuh api [tidak dimasak ] seperti : madu dan anggur, maka dengan sesuatu yang manis yang tersentuh api [ dimasak ] seperti kolak dan semacamnya. <ikuti urutannya jika tak ditemui kurma>
5. Membaca doa berbuka puasa.
6. Memberikan makan berbuka kepada orang yang sedang berpuasa untuk berbuka.
7. Mandi janabah [ mandi hadast besar ] sebelum fajar bagi yang berjunub, agar ketika memulai puasa dalam keadaan suci.
8. Mandi setiap malam bulan Romadhon setelah maghrib, agar semangat untuk sholat isya dan tarowih.
9. Menjaga sholat tarowih dari awal sampai akhir Romadhon. < ingat : bukan cepat-cepatan sehingga merusak kekhusuan sholat>.
10. Menjaga sholat witir, khususnya sholat witir romadhon yang mempunyai 3 kekhususan, yaitu : 1. Di sunnahka berjama’ah, 2. Disunnahkan jahr [ bacaan sholatnya terdengar ], 3. Disunnahkan dengan Qunut dari pertengahan sampai akhir romadhon.
11. Memperbanyak tilawatil Qur’an dengan Tadabbur [ teratur bacaannya dan fasih hurufnya dengan tajwid ].
12. Memperbanyak ibadah-ibadah sunnah, seperti : Sholat Rowatib, Dhuha, Tasbih ataupun sholat Awwabin {Sholat-sholat sunnah setelah sholat maghrib sampai datang waktu isya’]
13. Memperbayak dari amal-amal sholeh, seperti :Shodaqoh, Silatur rohim, Hadir majlis-majlis ilmu, I’tikaf, menjaga hati dan anggota tubuh, dan memperbanyak Sholawat dan doa-doa.
15. Bersungguh-sungguh pada 10 terakhir romadhon, dan menjaga malam Lailatul Qodr terutama dimalam-malam ganjil di 10 terakhir.
16. Meluaskan uang belanja.
17. Meninggalkan sesuatu yang sia-sia dan caci maki seperti : jika seseorang mencacimu maka ingatkan hatimu bahwa aku sedang berpuasa.


Semoga bermanfaat. Galilah terus ilmu sampai ajal menjemputmu.


Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta asytagfiruka wa atubu ilaik.


Dikutip dari Nihayatuz Zein Pimpinan habib Faisol Al Haddad.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Menarik :