Jumat, 07 September 2012

Ibadah Pertama Yang Dihisab di Yaumil Qiyamah

oleh Assayyid Faishol Al-Haddad

Junjungan kita Rosul Alloh Saw bersabda; "Awal mula yg akan dihisab kpd seorang hamba di hari qiamat adalah Sholatnya, apabila baik, maka baiklah seluruh amal ibadahnya yg lain. Kalau rusak,maka rusaklah seluruh amal ibadahnya yg lain".

Pengertian baik disini adalah, sholat nya itu dgn ilmu2nya sebagaimana Arrosul SAW bersabda; " Sholatlah kamu sebagaimana aku sholat". Untuk mengetauhi bagaimana cara Arrosul sholat yaitu dgn mempelajari ilmu2 yg berkaitan dgn sholat itu sndiri. Yg telah disusun oleh Ulama2 kita, 

ketauhilah...... dimatan Zubad Al-Imam Ibn Ruslan mengatakan; "Dan siapa2 yg beribadah tanpa ilmu maka amal ibadah nya ditolak tak diterima". Kalau ditolak tidak diterima berarti sholatnya rusak, kalau rusak berarti rusaklah seluruh amal ibadahnya yg lain, baik yg wajib apalagi yg sunah. 

Shahabat!! alfaqir hanya menyambung pesan Almarhum Sayyidil Imam Qutbil Alam Sayyid Walid Alhabib Abdur Rohman bin Ahmad Assegaf Ra, untuk kita menghadiri majlis2 Fiqih. Sebab beliau berpesan kepada seseorang dihadapan alfaqir bahwa belum cukup kamu hanya membuka majlis2 zikir saja tanpa ada majils2 ilmu.{FIQIH, TAUHID,AKHLAK}

Sahabat! benar apa yg dikatakan beliau, terutama dizaman sekarang ini.

1>kalau sholat tidak diterima,berarti tidak dianggap tidak sholat, kalau dia tidak sholat, tidak akan mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Karena sholat itu {yg baik} mencegah seseorang dari perbuatan keji dan munkar. { dosa yg zhohir maupun ya bathin}. Nah skrg lihat pribadi kita masing2.

2>Semua ibadah tergantung dgn sholatnya, seperti telah dijelaskan diatas. Kalau seluruh ibadah yg wajib saja ditolak apalagi sekedar amalan yg sunnah. Jadi semu dan sia2 lah segala amalannya

3>Majlis2 ilmu berat kadarnya,sehingga terasa berat kpd org2 yg Ghurur[tertipu]. Contoh: ada majlis Ilmu dikampungnya, dekat dengan rumahnya, ooh terasa berat kaki tuk melangkah. Tetapi ada majlis zikir jauh bahkan berongkos, mudah dia untuk hadir. Maaf bukannya tdk baik, akan tetapi mengejar sunnah, yg wajib terabaikan.

4>Para Aulia org2 sholeh diwaktu Mereka masa kanak2 sampai dewasa keluar kampung masuk kampung, keluar kota masuk kota, berpuluh2 guru mereka datangi untuk menuntut ilmu dasar dalam agama, yg menjadi Sah atau tidaknya dalam beribadah, kita kenal dgn ilmu SYARIAT. Stelah itu mereka memperdalami ilmu2 Tasawwuf , dgn mengambil jalan {Toriqoh} para Salafus sholeh pendahulu mereka. SYARIAT YG BERJALAN DIIRINGI DGN THORIQOH AKHIRNYA MEREKA MENDAPAT MAQOM DARI ALLOH . Kita kenal dgn HAKIKAT. Itu lah para WALI ALLOH SWT Yg mereka mendapat bimbingan langsung dari Alloh dalam berda'wah, serta diperkuat dalam da'wah mereka KAROMAH dari ALLOH SWT.

Oleh karena itu kita jangan sampai Ghurur dgn HANYA mempelajari keramat para2 wali dgn amalannya, sementara kita malas bahkan enggan untuk mengikuti sepak terjangnya dlm menuntut ilmu. Akibatnya kita tertipu dgn diri kita sendiri, dan tdk bisa membedakan mana KAROMAH mana ISTIDDROJ. Krn keduanya dr tampak luar sama tak berbeda. WASPADALAH !! Marilah kalau kita mengaku cinta kpd Rosululloh, para Shohabat, Salafuna Sholihun,para Aulia, dan para Ulama, hadirilah ..hadirilah syiarkanlah majlis ilmu yg telah diuraikan diatas. SEMOGA KITA DPT BERKAH,DAN INAYAH DLM KEHIDUPAN KITA DAN WAFAT DLM KHUSNUL KHOTIMAH BIBARKAATIHIM, WA ASROORIHIM, WA ULUUMIHIM ,WA IMDAADIHIM FIDDIINI WAD DUNYA WAL AAKHIROH ....ALFAATIHAH.


TUNGGU PEMBAHASAN BAB SHOLAT, MULAI DARI SYARAT, RUKUN, SAMPAI SUNNAHNYA.....DO'AKUM,,,,,, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Menarik :