Selasa, 18 September 2012

Keuntungan/Fadhilah Bersiwak

Posting sebelumnya telah dibahas mengenai Siwak. Pada posting kali ini akan dibahas mengenai keuntungan atau fadhilah bersiwak.

Bersiwak adalah salah satu sunnah wudhu yang sering diabaikan. Padahal disebutkan dalam sebuah hadits, "Dua rakaat dengan bersiwak lebih utama daripada tujuhpuluh rakaat tanpa bersiwak".

Dalam hadits yang lain dinyatakan, "Jagalah siwak karena dalam miswak terdapat sepuluh keutamaan :

  1. Membersihkan mulut
  2. Menyebabkan Allah swt ridha
  3. membuat syetan marah
  4. Membuat Allah Swt dan para malaikat Nya mencintainya
  5. Menguatkan gigi
  6. Menghilangkan kotoran
  7. Mewangikan mulut
  8. Mengurangi kekuningan
  9. Memperjelas penglihatan
  10. Menghilangkan bau mulut, dan bersiwak adalah sunnah Rasulullah Saw. (Al-Munabbihat - Ibnu Hajar)
para ulama telah mengumpulkan sampai 70 kelebihan bersiwak, salah satu di antaranya adalah akan dimudahkan mengucapkan syahadat ketika meninggal dunia. Sebaliknya menghisap candu/ rokok mengandung tujuh puluh mudharat, salah satu di antaranya adalah menyebabkan lupa mengucapkan kalimat syahadat ketika meninggal dunia.

Beberapa manfaat lain dari Miswak adalah :
  • Melawan penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri.
  • Memerangi plak gigi secara efektif.
  • Melawan karies (gigi berlubang).
  • Menghilangkan bau mulut.
  • Membuat aroma mulut menjadi harum.
  • Secara efektif membersihkan daerah interdental (daerah di antara gigi).
  • Meningkatkan sekresi (pengeluaran) ludah serta mencegah terhadap terjadinya dry mouth/xerostomia atau mulut kering.
Studi ilmiah tentang Miswak Meskipun terdapat begitu banyak manfaat atau khasiat penggunaan siwak, sekitar 70 manfaat, namun satu manfaat utama yang harus kita lihat adalah khasiatnya terhadap kesehatan gigi dan mulut. Beberapa studi atau penelitian yang telah dilakukan terhadap khasiat siwak sebagai berikut :
  • Wrigley, suatu Perusahaan yang melakukan studi tentang miswak yang dipublikasikan dalamJournal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa mint dengan ekstrak dari Miswak 20 kali lebih efektif membunuh bakteri dibandingkan mint biasa.
  • Sejumlah peneliti di Swedia pun, mempublikasikan penelitiannya dalam Journal of Periodontology dan menemukan bahwa siwak atau miswak ternyata mampu membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal.
  • Sebuah studi yang membandingkan toothbrushing dan menggunakan Miswak (Miswak ing!) Dapat dilihat pada Pubmed (US Perpustakaan Nasional untuk Pengobatan Service). Studi menyimpulkan bahwa Miswak lebih efektif daripada toothbrushing dalam mengurangi plak dan radang gusi yang diberikan itu digunakan secara benar.
Amal dan sampaikan.....

Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Menarik :