Jumat, 17 Agustus 2012

SHOLAT 2 HARI RAYA (SHOLAT IED & IDUL ADHA)


Bab ke 1


Setelah berpuasa 1 bulan penuh tentu kita mengharapkan hari kemenangan yang ditunggu-tunggu. Yaitu Hari Raya Idul Fitri. Saatnya untuk Saling memaafkan dan Setiap muslim hendaknya melaksanakan sholat Idul Fitri.
Pada postingan kali ini mengenai Sholat dua hariu raya yaitu Sholat Ied dan Sholat Idul Adha.

Sholat 2 hari raya adalah Iedul Fitri dan Iedul Adha,sholat Iedul Adha lebih afdhol dari sholat Iedul Fitri karena datang dalilnya dalam Al-Qur’an dalam suroh Al-Kautsar :2.

Hukumnya : 
Sunnah, sekalipun dalam haq berhaji [ketika berhaji sholat sendiri lebih afdhol dari berjama’ah], dan disunnahkan berjama’ah dalam musafir. Dikatakan juga fardhu Kifayah, disisi Al-Imam Abi Hanifah RA hukumnya wajib.

Waktunya :
Dari terbit matahari sampai zawal yaitu tergelincirnya matahari atau masuk waktu zuhur.yaitu awal Syawwal dalam sholat Iedul Fitri, dan 10 Dzul hijjah dalam sholat Iedul Adha.

Sunnah-sunnahnya :
1. Mentakhirkan sampai matahari meninggi setinggi tombak[waktu dhuha].
2. Dimasjid jika luas, jika tidak ditempat lain.
3.Menghidupkan malam nya dengan ibadah.bisa didapatkan dengan sholat Isya dan Subuh berjama’ah.
4. Mandi seperti halnya mandi junub, mulai masuk dari pertengahan malam.
5.Berminyak wangi dan berhias-hias. Baik yang diam dirumah, diluar rumah, besar, kecil,tua, muda, yang sholat 1ed atau tidak. Disunnahkan pula keluar wanita-wanita yang ajuz/tua dan yang tak memiliki paras cantik dan body aduhai dengan memakai pakaian sehari-hari/rumah. Dan dimakruhkan bagi wanita-wanita syaabah/muda untuk mereka hadir sholat 2 hari raya, sholat mereka dirumah lebih afdhol dari pada diluar rumah. Dengan catatan : dimakruhkan disini dengan pekaian sesuai syariat islam, jika tidak maka harom seorang wanita keluar dari rumahnya.
6. Berpagi-pagi menuju tempat sholat, selain Imam/Khotib.
7. Berjalan kaki, pergi dan pulang berlainan jalan, karena pahalanya sangat besar, Disunnahkan juga memperjauh jarak, karena besar pahala melangkah.
8.Mesegerakan sholat Iedul Adha pada awal waktunya, agar luas waktu pemotongan hewan setelah sholat.
9. Mentakhirkan sholat Iedul Fitri sampai meninggi matahari sekedar 2 tombak, agar luas waktu mengeluarkan zakat fitrah sebelum sholat, karena afdholnya mengeluarkan zakat fitrah antara terbit fajar setelah sholat subuh sampai sebelum sholat Iedul Fitri.
10. Sarapan sebelum sholat Iedul Fitri, afdholnya kurma dengan witir agar mengistimewakan hari raya Iedul Fitri.
11. Imsak/ menahan diri seperti layaknya berpuasa dari terbit fajar sampai selesainya dari sholat Iedul Adha, menyembelih dan memakan dari sembelihan tersebut.

Next BAB 2.

Belajarlah terus hingga nyawa menjemputmu dan silaturahim kepada alim ulama, tanyakan tentang perkara dunia dan akhirat.

Semoga bermanfaat.


Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilaha illa anta asytagfiruka wa atubu ilaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Menarik :